Larangan “Program SMS Gratis ke Semua Operator”

Telkomsel Patuhi Regulasi Pemerintah

Jakarta, 4 Januari 2010

Dalam rangka mendukung terciptanya iklim persaingan yang sehat di industri telekomunikasi, Telkomsel mematuhi regulasi pemerintah melalui BRTI (Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia) yang melarang para penyelenggara telekomunikasi mengadakan program SMS gratis antar operator.

Direktur Utama Telkomsel Sarwoto Atmosutarno mengatakan, “Sebagai perusahaan yang beroperasi di Indonesia, di mana mayoritas sahamnya dimiliki oleh pemerintah melalui Badan Usaha Milik Negara Telkom, Telkomsel selalu menjalankan usahanya sesuai dengan regulasi yang berlaku dalam mendukung perkembangan industri telekomunikasi di Indonesia.”

Sejalan dengan kepatuhan terhadap regulasi dalam menjalankan operasional perusahaan, Telkomsel juga selalu menghormati setiap keputusan yang diambil pemerintah Indonesia. Begitu pula dengan kebijakan BRTI yang ditujukan ke seluruh operator selular yang tertuang dalam Surat Plt. Dirjen Postel selaku Ketua BRTI No. 306/BRTI/XII/2009 tertanggal 30 Desember 2009 tentang Program Promo Layanan Telekomunikasi, di mana para penyelenggara telekomunikasi dilarang untuk menawarkan tarif nol dalam promosi dan memberikan bonus gratis untuk layanan SMS lintas penyelenggara telekomunikasi.

“Pada prinsipnya Telkomsel selalu comply terhadap regulasi pemerintah, di mana dalam hal menetapkan suatu kebijakan tentunya regulator sudah melalui pertimbangan secara matang dengan memperhatikan segala aspek yang mendorong terciptanya iklim kompetisi industri telekomunikasi yang sehat. Itu sebabnya untuk mendukung kebijakan tersebut, mulai 6 Januari 2010 Telkomsel menghentikan program SMS gratis antar operator,” tegas Sarwoto.

Sebagai bentuk kepatuhan terhadap kebijakan pemerintah, Telkomsel mengadakan program SMS gratis ke sesama Telkomsel untuk mengganti program SMS gratis antar operator. Melalui program ini, pembeli paket perdana Kartu As dapat menikmati 50 SMS gratis ke seluruh pelanggan Telkomsel (kartuHALO, simPATI, dan Kartu As). Program ini berlaku bagi pelanggan Kartu As yang berada di Jawa Barat dan Jawa Tengah yang mengaktifkan kartu perdananya mulai 6 Januari 2010, serta pelanggan Kartu As di daerah Nanggroe Aceh Darussalam, Sumatera Utara, Lampung, Jabodetabek, Banten, Sukabumi, Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur yang mengaktifkan kartu perdananya mulai 16 Desember 2009.

Selain itu, Telkomsel juga menggelar program SMS Mania, di mana hanya dengan Rp 1.000 pelanggan Kartu As dapat mengirimkan 50 SMS ke seluruh nomor Telkomsel berlaku mulai pukul 00:00 hingga pukul 18:00. Dengan harga yang sama, pelanggan Kartu As juga akan memperoleh 500 SMS yang dapat dikirimkan ke sesama pengguna Telkomsel mulai pukul 00:00 hingga pukul 12:00. Untuk menikmati kedua paket ini, pelanggan cukup tekan *100# dan pilih paket sesuai dengan kebutuhan. 

Dalam menjalankan usaha melayani masyarakat Indonesia, Telkomsel selalu berupaya mengimplementasikan lisensi nasional yang diamanahkan pemerintah guna memberikan yang terbaik bagi masyarakat sekaligus memajukan industri telekomunikasi selular di Indonesia melalui pemenuhan 5 parameter pokok kebutuhan pengguna selular di Indonesia, yakni: penggelaran jaringan hingga pelosok, menghadirkan jaringan berkualitas didukung teknologi terkini, inovasi produk dan layanan, pelayanan pelanggan berstandar mutu internasional ISO, dan tarif yang semakin terjangkau sesuai dengan regulasi pemerintah.

Published in: on 5 January 2010 at 09:00  Leave a Comment  

The URI to TrackBack this entry is: https://corpcommsumbagut.wordpress.com/2010/01/05/larangan-%e2%80%9cprogram-sms-gratis-ke-semua-operator%e2%80%9d/trackback/

RSS feed for comments on this post.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: