Program Kepedulian Paska Gempa Bumi Sumbar dan Jabar

Telkomsel Gandeng Dealer Bantu Rekonstruksi Sekolah

Bantuan Rekonstruksi Sekolah: Direktur Niaga Telkomsel Leong Shin Loong (kedua kanan) menyerahkan bantuan rekonstruksi sekolah kepada Kepala SDN 27 Ambang Kapur Deliyati disaksikan VP Telkomsel Area Sumatera Mirza Budiwan (paling kiri), Gubernur Sumatera Barat Marlis Rahman (ketiga kiri), Wakil Bupati Padang Pariaman Ali Mukhni (tengah), dan CEO Telesindo Shop Hengky Setiawan (paling kanan) di Padang Pariaman (26/1). Telkomsel bersama dengan 150 mitra authorized dealer (AD) memberikan bantuan senilai total Rp 5 miliar sekaligus meresmikan pembangunan kembali 4 sekolah yang rusak akibat musibah bencana alam gempa bumi di Sumatera Barat dan Jawa Barat.

Padang, 26 Januari 2010

Telkomsel bersama dengan 150 mitra authorized dealer (AD) memberikan bantuan senilai total Rp 5 miliar sekaligus meresmikan pembangunan kembali 4 sekolah yang rusak akibat musibah bencana alam gempa bumi di Sumatera Barat dan Jawa Barat. Program ini merupakan wujud kepedulian Telkomsel sebagai anak perusahaan Telkom dalam upaya mendukung kelancaran dan kenyamanan proses belajar mengajar bagi anak-anak yang terlantar paska gempa bumi.

Rekonstruksi sekolah paska gempa ini ditandai dengan peletakan batu pertama di SDN 27 Ambang Kapur, Sungai Sarik, Pariaman oleh Gubernur Sumatera Barat Marlis Rahman dan Direktur Niaga Telkomsel Leong Shin Loong. Adapun sekolah-sekolah lain yang akan mendapat bantuan rekonstruksi adalah SDN 02 Sungai Sarik – Pariaman, SDN 08 Durian Kapeh – Kab. Agam, dan Madrasah Tsanawiyah Ma’arif – Pangalengan.

Dalam sambutannya, Marlis mengatakan, “Atas nama pemerintah provinsi Sumatera Barat, kami mengucapkan terimakasih kepada Telkomsel dan mitra dealer-nya yang telah peduli terhadap upaya percepatan pemulihan wilayah Sumatera Barat paska bencana gempa bumi, khususnya bantuan di bidang pendidikan. Mari kita melindungi dan menjaga bersama sekolah-sekolah yang dibangun agar anak-anak kita dapat merasakan manfaatnya di kemudian hari.”

Leong Shin Loong mengungkapkan, “Komitmen kepedulian Telkomsel pada dunia pendidikan merupakan wujud nyata jiwa dan semangat Telkomsel dalam meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat Sumatera Barat dan Jawa Barat yang menjadi korban bencana gempa bumi. Melalui program kepedulian semacam ini, kami berupaya membangun kembali wilayah-wilayah yang tertimpa musibah dengan memberikan kemanfaatan lebih, tidak sekedar hanya dalam core bisnis telekomunikasi saja, tapi juga kemanfaatan bagi masyarakat dan lingkungan.”

Rekonstruksi bangunan sekolah yang rusak antara lain meliputi penyediaan fasilitas 6 ruang kelas, ruang guru, perpustakaan, lab komputer, dan toilet. Seluruh fasilitas tersebut dirancang dan dibangun kembali sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh Dinas Pendidikan Nasional. Di samping itu, Telkomsel juga akan melengkapi sarana dan prasarana sekolah dengan akses internet melalui layanan mobile broadband dan bantuan software pendidikan guna menunjang pendidikan yang lebih baik bagi para siswa.

“Kenyamanan dan kelancaran proses belajar mengajar memegang peran penting bagi kesuksesan penyerapan pengetahuan para siswa. Fasilitas pendidikan yang baik dan memadai di lingkungan belajar tentu akan berpengaruh terhadap proses tumbuh kembang anak, terutama dari sisi moral. Kami berharap bantuan yang kami berikan ini dapat memulihkan semangat belajar anak-anak kita dan secara bertahap dapat meningkatkan mutu pendidikan di wilayah-wilayah yang terkena bencana,” papar Shin Loong.

Bencana gempa bumi yang melanda Jawa Barat pada 2 September 2009 dan Sumatera Barat pada 30 September 2009 telah menewaskan ribuan korban jiwa dan meluluhlantakkan ratusan ribu bangunan perumahan dan perkantoran. Sementara itu, berdasarkan data Satkorlak Penanggulangan Bencana, gempa bumi juga menyebabkan lebih dari 1.300 sekolah di Jawa Barat dan sekitar 2.000 sekolah di Sumatera Barat mengalami kerusakan. Hingga kini masih banyak murid sekolah yang belajar di tempat sementara yang kurang layak.

Seiring dengan pembangunan kembali sekolah-sekolah paska bencana gempa, Telkomsel juga berkontribusi secara aktif terhadap program rehabilitasi lainnya senilai total Rp 1,3 miliar, seperti: perbaikan rumah ibadah dengan melakukan renovasi ringan, pengecatan, pemberian perlengkapan ibadah, sound system, dan lain-lain, serta menyediakan perlengkapan sarana dan prasarana pendidikan berupa buku pelajaran, alat peraga, papan tulis, meja, kursi, dan sebagainya.

Sasaran bantuan di bidang pendidikan yang dilakukan bagi masyarakat Sumatera Barat dan Jawa Barat sejalan dengan konsep kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) yang dikembangkan oleh Telkomsel dalam kurun waktu 2 tahun terakhir. Melalui program-program yang menitikberatkan pada sektor pendidikan, Telkomsel berupaya melakukan kepedulian guna menularkan semangat “menjadi lebih baik” kepada bagian masyarakat yang memiliki potensi atau masyarakat yang membutuhkannya.

Selain bantuan pendidikan bagi para korban bencana gempa bumi di Sumatera Barat dan Jawa Barat, Telkomsel juga mengadakan kegiatan-kegiatan CSR di bidang pendidikan, antara lain: program sekolah terpencil berbasis teknologi informasi dan komunikasi, pelatihan teknisi ponsel, pendidikan anak usia dini (PAUD), pembangunan infrastruktur dan sanitasi sekolah, program Edukonser (edukasi dini seputar perkembangan teknologi dan pemahaman tentang potensi diri melalui pendekatan pagelaran seni dan musik), program Cooperative Academic Education Program (program sinergi dunia pendidikan dan pengembangan kewirausahaan), dan sebagainya.

Published in: on 26 January 2010 at 09:00  Leave a Comment  

The URI to TrackBack this entry is: https://corpcommsumbagut.wordpress.com/2010/01/26/program-kepedulian-paska-gempa-bumi-sumbar-dan-jabar/trackback/

RSS feed for comments on this post.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: