TELKOMSEL SIAP LAYANI MUDIK & LEBARAN 2010

Medan, 2 September 2010

Dalam rangka menjelang lebaran, Telkomsel telah menyiapkan seluruh lini produk, layanan, termasuk mempersiapkan kapasitas infrastruktur dalam rangka mengantisipasi lonjakan trafik, hal ini dilakukan untuk menjamin kenyamanan serta memenuhi kebutuhan komunikasi pelanggan melalui layanan komunikasi terlengkap dan terbaik. GM Network Operation Telkomsel Regional Sumbagut – Moelqy Furqan memaparkan kesiapan jaringan Telkomsel. Telkomsel telah menyediakan 3700 BTS termasuk didalamnya 400 Node-B (BTS 3G) yang mencakup hampir seluruh ibukota kecamatan di Regional Sumbagut, dan memiliki kapasitas data service sebesar lebih dari 6 Gbps. Medan, 2 September 2010

Telkomsel telah menyiapkan seluruh lini produk, layanan, termasuk mempersiapkan kapasitas infrastruktur dalam rangka mengantisipasi lonjakan trafik, hal ini dilakukan untuk menjamin kenyamanan serta memenuhi kebutuhan komunikasi pelanggan melalui layanan komunikasi terlengkap dan terbaik.

Berbagai elemen guna mendukung kenyamanan pelanggan Telkomsel telah disiapkan, seperti SMSC (Short Message Service Center), BTS (Base Transceiver Station), MSC (Mobile Switching Center), dan IN (Intelligent Network)  siap melayani kebutuhan komunikasi berkualitas bagi pemudik.

Dan untuk mengantisipasi lonjakan ini, Telkomsel telah menyediakan kapasitas Visitor Location Register sebesar 13.5 Juta dengan kelonggaran daya tampung 65% dimana saat ini telah menghadirkan kemampuan handling pelanggan atau HLR (home Location Register) hingga lebih dari 40 juta pelanggan.

Begitu juga untuk kenyamanan komunikasi SMS di Regional Sumbagut, Telkomsel menyediakan kapasitas handling berkemampuan melayani 12.500 sms perdetik atau sama dengan 1.000.000.000 sms perhari, sedangkan untuk akses data kapasitas maksimal dari perangkat yang dipersiapkan hingga akhir tahun 2010 sebesar 2 Gbps  yang telah didukung teknologi dengan kemampuan GPRS, EDGE, 3G, HSDPA hingga HSPA+.

Menurut GM Network Operation Telkomsel Regional Sumbagut – Moelqy Furqan, ”Kebutuhan komunikasi masyarakat saat Ramadhan dan menjelang Lebaran nanti diperkirakan meningkat hingga 2 kali lipat, dan sudah menjadi komitmen kami untuk memberikan kenyamanan berkomunikasi bagi seluruh pelanggan”.

Saat ini untuk memastikan kenyamanan berkomunikasi bagi pelanggan di Regional Sumbagut, Telkomsel telah menyediakan 3700 BTS termasuk didalamnya 400 Node-B (BTS 3G) yang mencakup hampir seluruh ibukota kecamatan di Regional Sumbagut, dan memiliki kapasitas data service sebesar lebih dari 6 Gbps.

“Menghadapi lebaran tahun ini kami terus melakukan peningkatan kapasitas dengan jaringan yang luas dan berkualitas, sehingga dengan luasnya jaringan Telkomsel akan memberikan kenyamanan bagi pelanggan dalam berkomunikasi baik sms, suara maupun data. Salah satunya untuk komunikasi suara, tingkat Call Completion Success Rate mencapai 99 %, dimana hal ini menggambarkan tingginya tingkat kesuksesan suatu komunikasi sejak tersambung hingga selesainya percakapan” ungkap Moelqy Furqan.

Sebagai Service Leader, Telkomsel selalu berupaya untuk mewujudkan 5 makna utama dari layanan selular berkualitas, seperti kemudahan mendapatkan produk dan pelayanan, kepastian ketersediaan jaringan sehingga bisa digunakan, transparansi, kenyamanan, dan fleksibilitas dalam menghadirkan ragam layanan yang bisa dimanfaatkan sesuai kebutuhan pelanggan.

Berikut perkiraan peningkatan trafik pemanfaatan  layanan Telkomsel skala nasional, antara lain:

  • Layanan voice: pada saat  trafik normal day 2010 sebanyak 884 juta menit per hari, perkiraan lonjakan trafik mencapai 20-25% selama bulan Ramadhan dan Lebaran 2010.
  • SMS: pada saat trafik normal day 2010 sebanyak 727 juta SMS per hari, perkiraan lonjakan trafik mencapai 50-60% selama bulan Ramadhan dan Lebaran 2010.
  • MMS: pada trafik normal day 2010 sebanyak 854 ribu MMS per hari, perkiraan lonjakan trafik mencapai 5-10% selama bulan Ramadhan dan Lebaran 2010.
  • Layanan data: pada saat trafik normal day 2010 sebanyak 2 terrabyte per hari, perkiraan lonjakan mencapai 200-250% selama bulan Ramadhan dan Lebaran 2010.
  • Isi ulang pulsa: pada saat normal day 2010 sebanyak 11 juta transaksi per hari, perkiraan lonjakan mencapai 50-60% selama bulan Ramadhan dan Lebaran 2010.

GM Sales & Customer Service Telkomsel Regional Sumbagut – Suryo Hadiyanto mengatakan, “Untuk memenuhi kebutuhan komunikasi pelanggan, Telkomsel telah meningkatkan distribusi produk maupun ketersediaan recharge pulsa hingga 2 kali lipat dari kondisi normal, dari peningkatan ini dapat dipastikan bahwa Telkomsel dapat memenuhi lonjakan kebutuhan komunikasi pelanggan, selain itu kantor layanan Telkomsel tetap melayani pelanggan meski jam layanannya tidak seperti hari normal, selain itu pelanggan juga tetap dapat menghubungi call center bebas pulsa yang tetap melayani 24 jam, yaitu 111 dari kartuHALO, dan 116 dari kartu simPATI dan kartu AS”.

Pelanggan Telkomsel juga tetap dapat menikmati berbagai layanan pada Posko TELKOMSELsiaga, yang tersebar pada 7 (tujuh) titik strategis di pulau  Sumatera yaitu : Jam Gadang Bukit Tinggi, Pelabuhan Bakauheni Lampung, Dermaga Danau Toba, Pantai Cermin Sergai, Hill Park Brastagi, Taman Rekreasi Alam Mayang Pekanbaru, Hutan Wisata Punti Kayu Palembang. Posko ini memberikan pelayanan, seperti: penjualan kartu perdana dan isi ulang, makanan dan minuman, jasa porter, layanan kesehatan, bengkel, serta hiburan.

Telkomsel bekerjasama dengan sejumlah mitra yang terdiri dari unsur pemerintah, biro perjalanan, asuransi, produk, 6 mitra ATPM ponsel, dan 23 mitra ATPM kendaraan bermotor (20 ATPM Mobil dan 3 ATPM Motor).

Akses Mudah dan Lengkap

TELKOMSELsiaga 2010 memiliki content lengkap pada menu *123# yang bermanfaat untuk meningkatkan keimanan dan ilmu keagamaan, antara lain: jadwal puasa dan sholat, SMS Infaq, Al Qur’an Selular, mobile book islami, NSP, ringtone, SMS ibadah, video doa dan pendidikan anak tentang Islam, serta Telkomsel Svara (suara dari artis, praktisi, dan pemuka agama).

TELKOMSELsiaga 2010 hadir dengan aplikasi Ovi Maps yang sangat bermanfaat bagi kemudahan perjalanan mudik pelanggan. Ovi Maps dapat diakses dengan *123*14# dengan ponsel Nokia, dan sangat bermanfaat untuk memudahkan perjalanan mudik pelanggan lewat teknologi navigasi dan peta.

Telkomsel juga menghadirkan akses video call 9119 dimana pelanggan juga dapat memantau situasi lalu lintas langsung dari ponselnya di 14 titik mudik strategis, yakni: Ciawi, Cianjur, Sadang, Simpang Pasteur, Cileunyi, Nagrek, Bakauheni, Merak, Cikopo, Kanci, Semarang, Ketapang, Gilimanuk, dan Suramadu.

TELKOMSELsiaga di tahun ini juga menyediakan fitur Telkomsel Info Lokasi, yakni layanan berbasis kecanggihan teknologi selular yang memberikan info lokasi ATM, bank, pom bensin, rumah makan, hotel, dan kantor polisi terdekat dari lokasi pelanggan berada dengan mengakses *250#.

Untuk perlindungan selama mudik, Telkomsel menghadirkan program asuransi kecelakaan dengan nilai santunan hingga Rp 100 juta (bila meninggal dunia saat berkendaraan). Pelanggan cukup melakukan aktivasi T-Cash dengan menekan *123*71#, lalu mengisi saldo T-Cash di berbagai cabang GraPARI dan seluruh cabang Indomaret. Untuk pembayaran premi asuransi, pelanggan tinggal mengirimkan SMS ke 2828. Untuk asuransi Takaful Safari, pelanggan cukup membayar premi sebesar Rp 8.800 dengan mengetik: Pay Takaful <Jumlah> <PIN> Nama Sesuai KTP#Tanggal-Bulan-Tahun Lahir#Jenis Kelamin (L/P), lalu kirim ke 2828.

Sedangkan untuk asuransi Jiwasraya Staco, pelanggan dikenakan premi sebesar Rp 10.000 dengan mengetik: Pay JS <Jumlah> <PIN>#Nama Lengkap#No KTP#Alamat Rumah yang Diasuransikan#Nama Ahli Waris#No HP Ahli waris, lalu kirim ke 2828.

Layanan mudik yang tersedia melalui akses *123#, 9119, dan *250# merupakan upaya Telkomsel dalam mendukung program pemerintah terutama dalam hal membantu kelancaran, keamanan, dan kenyamanan masyarakat selama mudik lebaran.

Published in: on 2 September 2010 at 20:30  Leave a Comment  

The URI to TrackBack this entry is: https://corpcommsumbagut.wordpress.com/2010/09/02/telkomsel-siap-layani-mudik-lebaran-2010/trackback/

RSS feed for comments on this post.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: