Telkomsel Pertahankan Kepuasan Pelanggan Selama 11 Tahun

Jakarta, 5 Oktober 2010

ICSA 2010: (kiri-kanan) Brand Manager simPATI Tengku Ferdi Febrian, Executive VP Sales Operation Telkomsel Hendri Mulya Sjam, dan Brand Manager kartuHALO & Corporate Andry P. Santoso seusai menerima penghargaan Indonesian Customer Satisfaction Award (ICSA) 2010 (4/10). Telkomsel meraih predikat Best of The Best berkat prestasinya mempertahankan tingkat kepuasan pelanggan tertinggi untuk produk simPATI (prabayar) dan kartuHALO (paskabayar) sebagai kartu pilihan utama selama 11 tahun berturut-turut (2000-2010) dan layanan wireless internet broadband TELKOMSELFlash 2 tahun berturut-turut (2009-1010).

Telkomsel kembali mempertahankan posisi puncak sebagai perusahaan yang memberikan tingkat kepuasan pelanggan tertinggi dengan meraih 3 penghargaan pada ajang Indonesian Customer Satisfaction Award (ICSA) 2010, sekaligus mengukuhkan produk simPATI (kartu prabayar) dan kartuHALO (kartu paskabayar) sebagai kartu pilihan utama selama 11 tahun berturut-turut.

Keberhasilan mempertahankan prestasi selama 11 kali berturut-turut ini membuat Telkomsel memperoleh predikat Best of The Best ICSA 2010. Selain simPATI dan kartuHALO, Telkomsel juga berhasil mempertahankan TELKOMSELFlash sebagai layanan wireless internet broadband yang memberikan tingkat kepuasan tertinggi.

Penghargaan ICSA yang diberikan Majalah SWA Sembada dan lembaga riset independen Frontier ini memasuki tahun yang ke-12, sehingga telah menjadi barometer tersediri bagi produk dan layanan di Indonesia dalam hal kepuasan pelanggan. Tahun ini survei dilakukan terhadap berbagai kategori yang melibatkan 8.400 responden di 6 kota besar di Indonesia, yakni Medan, Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, dan Makassar.

Direktur Utama Telkomsel Sarwoto Atmosutarno mengatakan, “Kami berterima kasih kepada masyarakat Indonesia yang telah memilih simPATI, kartuHALO, dan TELKOMSELFlash sebagai layanan selular yang dianggap relatif mampu memberi kepuasan sesuai ekspektasi mereka. Kepercayaan tersebut harus kami jaga dengan selalu berupaya memberikan yang terbaik, sehingga kami berharap dapat melayani 100 juta pelanggan hingga akhir tahun 2010.”

Kesuksesan meraih predikat Best of The Best ICSA 2010 membuat Telkomsel semakin mengukuhkan posisinya sebagai pemimpin di industri telekomunikasi selular Indonesia, di mana saat ini telah dipercaya melayani lebih dari 93 juta pelanggan atau sekitar 50 persen pengguna ponsel di Indonesia. Tingginya kepercayaan para pengguna ponsel terhadap layanan Telkomsel dengan produknya yang relatif dapat memenuhi 5 parameter kebutuhan pokok, yakni: cakupan yang luas, kualitas jaringan yang handal, inovasi produk, pelayanan pelanggan berstandar ISO, dan tarif yang semakin terjangkau.

Keterlibatan langsung masyarakat sebagai pemilih menjadikan penghargaan ICSA sebagai representasi kenyataan di lapangan. Meraih predikat Best of The Best selama 11 tahun berturut-turut menggambarkan konsistensi Telkomsel dalam upaya memberikan kemanfaatan yang lebih dibandingkan produk-produk sejenis di pasaran. ”Penghargaan ini merupakan wujud customer experience yang mendasari kami untuk terus berinovasi menghadirkan nilai tambah bagi kepuasan pelanggan,” tambah Sarwoto.

Penghargaan ICSA 2010 diukur berdasarkan 4 parameter, yaitu: kepuasan terhadap kualitas produk/layanan (QSS), dan kepuasan terhadap harga berdasarkan kualitas yang diterima (VSS), persepsi bahwa salah satu merek dinilai terbaik secara keseluruhan dibanding merek lainnya (PBS), serta customer expectation (ES), yang merupakan parameter yang sangat menentukan kepuasan pelanggan sekaligus memberikan potret yang lebih akurat terhadap hasil penilaian. Pada ICSA tahun ini Telkomsel memperoleh Total Satisfaction Score (TSS) sebesar 4,366 untuk simPATI dan 4,364 untuk kartuHALO, serta 4,053 untuk TELKOMSELFlash.

Penghargaan di ajang ICSA 2010 ini melengkapi berbagai pengakuan yang telah diterima Telkomsel tahun ini, antara lain: Asia Pasific ICT Award (Wireless Service Provider of the Year), Forsel Award (Operator GSM Favorit), Top Brand Award (simPATI dan kartuHALO), The Greatest Brand of the Decade (simPATI), Indonesia Cellular Award (Best Customer Growth dan Best GSM Operator), Selular Award (Best Operator of The Year dan Best GSM Operator), dan Indonesia Best Brand Award (simPATI dan kartuHALO).

Published in: on 5 October 2010 at 13:50  Leave a Comment  

The URI to TrackBack this entry is: https://corpcommsumbagut.wordpress.com/2010/10/05/telkomsel-pertahankan-kepuasan-pelanggan-selama-11-tahun/trackback/

RSS feed for comments on this post.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: