Telkomsel Serius Garap ‘Uang Elektronik’ di Indonesia

Jakarta, 2 Maret 2012

Pelanggan Kartu As kembali dimanjakan dengan hadirnya promo GRATIS nelpon 30 jam. Promo yang khusus diperuntukkan bagi pelanggan yang mengaktifkan Kartu As mulai 14 Desember 2011 ini dapat diperoleh cukup dengan mengakses menu *100# dan pilih “GRATIS Nelpon 30 Jam”, atau langsung mengakses menu *100*30#. Promo ini dapat dinikmati setelah pelanggan Kartu As melakukan panggilan ke sesama pelanggan TELKOMSEL mulai pukul 00:00 hingga 23:59 dengan akumulasi pemakaian pulsa antara Rp 500 hingga Rp 5.000 sesuai zona lokasi pelanggan.

Metode pembayaran tidak lagi identik dengan pembayaran konvensional berupa uang tunai. Selain kartu debit dan kartu kredit yang lazim digunakan masyarakat, media lain yang kini dapat dipakai sebagai metode pembayaran adalah ponsel.  

Munculnya beberapa alat pembayaran alternatif ini dilatarbelakangi oleh berkembangnya teknologi yang dapat memudahkan pelanggan dalam melaksanakan berbagai aktivitas pembayaran. Prospek yang menjanjikan dalam industri ini memunculkan banyaknya pemain baru, tidak hanya dari sektor perbankan, melainkan juga dari non perbankan seperti sektor telekomunikasi.

Menurut Head of Corporate Communications Division Telkomsel Ricardo Indra, “Sebagai operator telekomunikasi selular terbesar di Indonesia yang telah dipercaya oleh 107 juta pelanggan, Telkomsel telah menghadirkan T-Cash sebagai wujud keseriusan dalam menggarap bisnis uang elektronik (e-money). Telkomsel merupakan operator selular pertama di Indonesia yang mendapatkan sertifikasi dari Bank Indonesia pada tahun 2007 untuk menjalankan bisnis e-money.” 

Telkomsel siap mengembangkan bisnis ini karena telah memilkiki server yang dapat mengelola account e-money. Telkomsel sudah membuat satu account khusus T-Cash yang berbeda dengan account pulsa, yang berguna untuk aktivitas pembayaran. Agar dapat mengakses dana yang tersimpan di account T-Cash, pelanggan dapat menggunakan media SMS. 

“Kehadiran T-Cash sebagai alat pembayaran melalui ponsel dinilai cukup menjanjikan, karena dapat mempermudah masyarakat dalam bertransaksi secara on-line, cepat, mudah, dan aman,” lanjut Indra. 

Dalam bisnis e-money, kunci utama keberhasilan layanan ditentukan oleh banyaknya customer base dan juga jumlah transaksi yang dapat di-generate oleh alat pembayaran e-money tersebut. Dengan semakin banyaknya mitra yang bekerjasama dengan penyelenggara layanan e-money, maka peluang untuk transaksi yang akan dilakukan oleh pelanggan pun semakin besar. Sejumlah mitra potensial untuk layanan e-money dapat berupa jasa transportasi, retail, webstore, dan juga restoran.

“Hingga saat ini T-cash digunakan oleh sekitar 8,2 juta pelanggan. Telkomsel juga telah bekerjasama dengan lebih dari 530 merchant dengan total terminal sebanyak 32.737 di seluruh Indonesia untuk mendukung kesuksesan layanan T-Cash. Kami optimis dapat terus mengembangkan bisnis e-money sebagai wujud dukungan dalam menciptakan less cash society atau gerakan untuk menggunakan lebih sedikit uang tunai dalam bertransaksi,” pungkas Indra.

Published in: on 2 March 2012 at 16:41  Leave a Comment  

The URI to TrackBack this entry is: https://corpcommsumbagut.wordpress.com/2012/03/02/telkomsel-serius-garap-uang-elektronik-di-indonesia/trackback/

RSS feed for comments on this post.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: