Direksi Telkomsel Pantau Fasilitas Jaringan & GraPARI Pastikan Kesiapan Layanan Komunikasi Jelang Tahun Baru 2013

Jakarta, 31 Desember 2012

 Jelang Tahun Baru 2013, Telkomsel fokus pada kesiapan layanan dan jaringan untuk memberikan kenyamanan pelanggan saat berkomunikasi melalui lalu lintas data, suara, maupun SMS. Setelah berhasil melayani lonjakan trafik pada Hari Raya Natal kemarin dengan tingkat kesuksesan rata-rata di atas 98%, Telkomsel tetap terus melakukan siaga jaringan agar tetap konsisten melayani kebutuhan trafik komunikas pada Tahun Baru 2013.

Persiapan teknis jaringan serta pelayanan pelanggan dilakukan Telkomsel secara menyeluruh dan kontinyu untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan trafik komunikasi saat Natal dan Tahun Baru 2013. Mulai dari pembangunan BTS yang saat ini telah mencapai 54 ribu atau meningkat hampir 50% dibanding tahun 2011, sampai pada peresmian 200 kota broadband pada tahun ini.

Direktur Utama Telkomsel, Alex J. Sinaga mengungkapkan, ”Telkomsel menambah kapasitas jaringan dari sisi network element, agar mampu melayani kebutuhan komunikasi subscriber yang meningkat lebih banyak dibandingkan hari-hari biasa. Kami memahami bahwa Tahun Baru adalah perayaan bagi seluruh masyarakat, sehingga trafik komunikasi baik data, voice dan SMS diperkirakan akan meningkat tajam. Kami siap melayani kebutuhan dan mengupayakan kenyamanan yang maksimal bagi seluruh pelanggan.” 

Dalam rangka memastikan kehandalan layanan, Alex J. Sinaga beserta jajaran Direksi Telkomsel lainnya melakukan kunjungan langsung ke lapangan. Alex J Sinaga beserta manajemen Area Sumatera melakukan pemantauan jaringan dari Pematang Siantar. Sedangkan Abdus Somad Arief-Direktur Network, Mas’ud Khamid-Direktur Sales, Alistair Johnston-Direktur Marketing dan Ng Soo Kee-Direktur Information Technology melakukan kunjungan ke GraPARI Jakarta Selatan di Wisma Mulia. Rombongan juga melakukan pemantauan langsung ke BTS bergerak atau Compact Mobile Base Transceiver (COMBAT) yang ditempatkan di Wisma Nusantara-Bundaran HI dilanjutkan meninjau kesiapan di Telkomsel Telecommunication Center (TTC) di Buaran. Pada saat yang sama, Herdy R. Harman-Direktur Human Capital Management dan Heri Supriadi-Direktur Keuangan melakukan monitoring jaringan dari Kantor Regional Bandung. Dalam kunjungan ini, seluruh Direksi melakukan check dan tanya jawab langsung dengan karyawan Telkomsel di lapangan atas persiapan yang telah dilakukan. Pada akhir kunjungan, Direksi dan  Manajemen melakukan video conference interaktif dengan seluruh kantor Area Telkomsel.

Khusus antisipasi trafik pada Tahun Baru ini, Telkomsel menambah kapasitas SMSC dari 83.750/detik menjadi 104.400/detik, Internet Service  dari 15 Gbps menjadi 20 Gbps dan Blackberry Service dari 2,8 Gbps menjadi 10 Gbps. Untuk memenuhi lonjakan pemakaian layanan data, Telkomsel juga telah meningkatkan jumlah BTS node B (3G) menjadi 15.000 BTS. Telkomsel juga melakukan uji jaringan di beberapa area yang diprediksi menjadi pusat keramaian, seperti tempat wisata dan pusat aktivitas masyarakat lainnya. Uji jaringan yang dilakukan kali ini lebih fokus ke penggunaan layanan data, baik itu dengan menggunakan laptop maupun smartphone. Hal ini dimaksudkan untuk memastikan kenyamanan penggunaan jaringan Telkomsel saat melakukan komunikasi data yang telah menjadi kebutuhan pelanggan selular saat ini.

Guna menambah kapasitas handling trafik komunikasi saat Tahun Baru, Telkomsel juga menyiagakan 18 unit  COMBAT di berbagai titik strategis. COMBAT memiliki fungsi untuk memperluas coverage dan kapasitas trafik komunikasi. Dengan BTS model ini, Telkomsel bisa lebih fleksibel dalam mewujudkanhigh performance network. Jaringan yang bermutu tidak hanya memberikan ketersediaan sinyal yang kuat dan luas, tetapi juga harus memiliki kapasitas memadai. COMBAT Telkomsel juga dilengkapi dengan WiFi connection sehingga memberikan kemudahan bagi pelanggan dalam mengakses layanan data.

Agar pelanggan Telkomsel dapat selalu terhubung dengan layanan internet di sejumlah lokasi keramaian publik, Telkomsel juga telah menghadirkan hotspot Flash Zone. Hotspot Flash Zone dapat ditemui di sejumlah pusat keramaian antara lain GraPARI Telkomsel, bandara internasional, hotel, mall, kawasan bisnis, gedung perkantoran, dan lokasi publik lainnya. Hanya dengan menghubungi *363*601# (GRATIS untuk 1 jam per hari) lewat ponsel, pelanggan akan memperoleh password melalui SMS yang dapat digunakan untuk internetan sepuasnya. Untuk penggunaan di atas 1 jam akan mendapatkan opsi penawaran paket Flash Zone dengan tarif terjangkau mulai dari Rp 2.000 hingga Rp 50.000. Saat ini Telkomsel telah memiliki 323 hotspot yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. 

Kenyamanan dan kepuasan pelanggan merupakan prioritas bagi Telkomsel agar dapat terus memberikan layanan yang handal dan terpercaya. Sebagai bagian dari layanan berkualitas, Telkomsel menyediakan Call Center gratis selama 24 jam. Untuk memperoleh informasi dan layanan, pelanggan kartuHalo dapat menghubungi Call Center gratis di 133 sedangkan untuk pelanggan simPATI dan kartu As dapat menghubungi Call Center gratis di 155 atau Call Center 188 dengan biaya Rp 300 per panggilan. Pelanggan juga dapat mengunjungi website T-Care kami di https://my.telkomsel.com atau mengirimkan e-mail ke cs@telkomsel.co.id. Beragam informasi produk, fitur, serta layanan self care dari Telkomsel dapat diakses tanpa biaya melalui browser interaktif *111# untuk kartuHalo dan *116# untuk pelanggan simPATI dan kartu As.

Published in: Uncategorized on 4 January 2013 at 10:43  Leave a Comment  

The URI to TrackBack this entry is: https://corpcommsumbagut.wordpress.com/2013/01/04/direksi-telkomsel-pantau-fasilitas-jaringan-grapari-pastikan-kesiapan-layanan-komunikasi-jelang-tahun-baru-2013/trackback/

RSS feed for comments on this post.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: